Buat para hobiers khususnya pecinta mobil balap, tidak ada
salahnya untuk melirik 10 Mobil Balap Paling Me-legenda Sepanjang Sejarah yang
pernah dibuat oleh manusia. Bukan semata karena harganya yang mahal, bukan
hanya karena disain yang mewah dan exotis, bukan hanya karena mesin bertenaga
besar. Tentunya sebuah mobil dapat dikatakan melegenda karena ada
pencapaian-pencapaian yang di dapatkan dari mulai mobil tersebut dirancang
hingga sekarang. Ada tangan tangan ahli yang terlibat, ada detil-detil yang
sangat spesifik dan mendalam, ada sentuhan seni dan keindahan, ada penggambaran
kekuatan, ada kemenangan dalam lintasan, ada piala dan gelar yang diciptakan
dan banyak hal lain yang dapat membuat orang lain terkagum dan memberikan label
sebagai mobil balap legenda padanya.
Dalam artikel singkat yang saya eri judul 10 Mobil Balap Paling Me-legenda Sepanjang Sejarah ini tentunya tidak dibatasi tahun
pembuatannya. Mulai dari masa reolusi
hingga masa teknologi. Tentunya dengan kriteria tertentu sehingga layak untuk
dikatakan mobil balap paling me-legenda sepanjang masa.
Ferrari 250 Testa Rossa
Secara keseluruhan dari tahun 1956 hingga tahun 1961,
tercatat hanya tigapuluh empat (34) unit ferrari 250 Testa Rosa yang pernah
dibuat. Disebut dengan istilah “Testa Rosa” karena pelindung kepala silinder
dari mobil ini berwarna merah, karena testa rosa berarti merah. Mobil yang
berjuluk “Pontoon” ini pernah menjuarai “24 hours of le mans” oleh pembalap “Olivier
Gendebien” dan “Phill Hal”. Mobil ini juga masuk dalam catatan mobil ferarri paling
berharga kedua sepanjang masa. Meskipun tercatat sebagai mobil ferrari termahal
kedua setelah Ferrari 250 GTO, pada saat penjualan ditahun 1957 harga dari
mobil ini berkisar 8.000.000 Dolar Amerika, sedangkan pada bulan agustus tahun
2011 lalu mobil ini terjual dengan harga mencapai 16.400.000 Dolar Amerika,
mobil ini mendapatkan gelar “Most Expesive cars sold in Auction” jika terlintas
dalam benak kita untuk memiliki kendaraan ini, masih akan butuh kurang lebih 5
juta dolar amerika biaya tambahan untuk saat ini.
Bentley Speed 8
Mobil ini merupakan buah karya desainer Peter Elleray di
tahun 2001, dibuat dengan satu tujuan yaitu memenangkan ”24 Hour of Le Mans”. Bentley
Speed 8 ini akhirnya memenangkan “24 hours Le Mans” pada tahun 2003 setelah
memulai debutnya di tahun 2001. Berbekal mesin yang sejenis dengan Audi R8
yaitu mesin berkapasitas 3,5 liter V8 dengan Honeywell Turbo technologies ,
mobil ini mampu mencetak sejarah di tahun 2003 24 Hour of Le Mans dan mendapat
penghargaan sebagai Autosport Prototype 24 Hours Le Mans.
Ford GT40 MK II
Mobil ini merupakan mobil bermesin 7.0 litre FE
(427 ci) dari Ford Galaxie. Mobil ini mampu mencetak sejarah dalam
gelaran balap 24 Hour Leman selama empat kali berturut-turut. Ford GT40 ini
mulai mendominasi kejuaraan direntang waktu antara 1966 sampai dengan 1969
mengalahkan Ferrari. Mobil ini juga memenangkan kejuaraan “sebring” dan “Le
Mans” serta “The Reims 12 Hours” di Prancis.
Mercedes Benz CLK GTR
Mobil yang di bangun oleh mercedes-AMG ini dari awal mulanya
memang dirancang untuk ajang balap 1997 FIA GT Hockenheim 4 Hours Championship.
Dibekali dengan mesin 6.0 L (370 cu in) V12,
mobil ini kemudian menjuarai ajang ini ditahun 1997.
Aston Martin DBRS9 2005
Aston Martin DBRS9 diperkenalkan pada tahun 2005. merupakan
mobil versi alternatif lebih murah dari Aston Martin DBR9. Keduanya merupakan
didasarkan pada mesin Aston Martin DB9. Mobil ini dirancang sebagai mobil balap
pada ajang balap internasional seperti FIA GT Championship dan GT1 Class pada
24 Hours Le Mans. Menjadi pemenang di hungaria dan dubai pada kelas GT3.
Ferrari 330 P3
Ferrari 330 P3 dianggap sebagai mobil Ferrari yang paling
indah yang pernah dibuat. Dibuat mengan mengusung mesin dengan teknologi injeksi bahan bakar pada model utama
di Ferrari.
Shelby Daytona Coupe
Mobil yang juga dikenal dengan nama Shelby Daytona Cobra Coupe ini merupakan Sport Coupe Amerika yang diciptakan
hanya untuk keperluan balap mobil, khususnya untuk mengalahkan Ferarri. Dari tahun 1964 dan 1965 Shelby Daytona Coupe ini
hanya dibuat sebanyak 6 unit. Meskipun demikian, mobil ini mampu mencatat
banyak kemenangan. Beberapa hasil perlombaan yang telah dimenangi diantaranya:
1964 12 Hours of Sebring (GT class win, Dave MacDonald/Bob Holbert)
1964 24 Hours of Le Mans (GT class win, fourth overall, Dan Gurney/Bob
Bondurant)
1964 RAC Tourist Trophy (GT class win)
1964 Tour de France Automobile (GT class win)
1965 24 Hours of Daytona (GT class win)
1965 12 Hours of Sebring (GT class win)
1965 Italian Grand Prix at Monza (GT class win)
1965 Nürburgring 1000 km (GT class win)
1965 12 Hours of Reims (GT class win, clinched 1965 World Sportscar
Championship)
1965 Enna-Pergusa (GT class win)
1965 25 land speed records at Bonneville
8Porsche 917
Porsce 917 merupakan mobil balap yang mampu memberikan kemenangan
secara keseluruhan pada tahun 1970 dan 1971. Mobil ini mampu mencapai kecepatan
tertinggi lebih dari 240 mph. porsche 917 disebut-sebut sebagai salah satu
mesin ajaib yang membawa pengemudinya menuju kemenangan.
Dodge Charger Daytona 1969
Dodge Charger Daytona 1969 merupakan model yang dikembangkan setelah
kegagalan Dodge Charger 500 pada ajang highbanks of the superspeedways. Mobil
ini dianggap menjadi "Pembawa model" mobil jenis kokpit belakang pada
tahun 1969. Mobil ini memiliki kecepatan maksimal 205 mph dan 1200 pon gaya
turun di depan dan 600 pon gaya turun di belakang dan menjada Rare Collection
Item untuk saat ini.
Jaguar D-Type
Jaguar unik D-Type dibuat hanya untuk keperluan balap. Mobil ini
didukung oleh 6 transmisi. Jaguar D-Type adalah mobil yang pertama kali
memperkenalkan aerodinamika berdasarkan gaya pesawat untuk mobil rancangan. Jaguar
D-Types ini memenangi kejuaraan Le Mans 24-hour race ditahun 1955, 1956 dan 1957.